Tips Menghadapi Pembeli Yang Rewel versi 2012

Menjadi retailer voucher / pulsa handphone dimana setiap hari kita akan bertemu pembeli-pembeli yang sifatnya bermacam-macam. Ada pembeli yang pendiam wal penurut, ada yang habis transaksi selesai langsung ngacir, ada juga yang cerewet nanya ini nanya itu tapi ujung-ujungnya tidak jadi beli karena hanya bandingin harga saja dengan toko sebelah anda...( Tul nggak gan…)
Belum lagi kita berhadapan dengan orang yg komplain karena pulsa yang sudah kita refill ternyata belum masuk-masuk. Hal ini bisa terjadi jika kita menggunakan system pengisian pulsa One Chip All Operator. Tidak sering sich… tetapi jika kejadian bisa bikin bete juga, hehehee….
Gimana nggak bete… report pulsa di HP kita menyatakan sudah masuk dan saldo sudah terpotong, tetapi di HP pembeli belum masuk juga kan bete. Mau di balikin uangnya takut nanti pulsanya masuk belakangan, mau nggak di balikin orangnya ngomel-ngomel..?!!
Bagaimana donk, kalau ngadepin pembeli yang seperti ini..?
Jangan khawatir , berikut adalah tips-tips nya:
  1. Sebelum anda mengisi pulsa usahakan untuk bisa bisa cek saldo pulsa pembeli.
  2. Setelah itu isilah sesuai nominal yang diminta.
  3. Dalam kondisi jaringan normal pulsa akan masuk dalam hitungan kurang dari 20 detik, jika belum ada report berhasil maka cek delivery report sms sudah terkirim apa belum ke server?
  4. Jika sms sudah terkirim tetapi report belum keluar dalam 20 detik segera lakukan komplain transaksi ke sms centre. Biasanya akan mendapat balasan berhasil atau sedang dalam antrian. Jika dalam antrian maka anda beri penjelasan bahwa status pulsa masih pending harus tunggu dulu.
  5. Jika pembeli minta pulsa cepat di kirim, maka alternative terakhir adalah negosiasi, di isi lagi dgn memakai system One Chip One Operator seperti Mkios, SEV atau Dompul XL. Tetapi tetapi jika ternyata pulsa yang pertama nanti masuk maka kita minta di minta untuk bayar lagi.
  6. Kalau cara ini pembeli masih belum setuju juga, giliran otak kanan anda bekerja. Kembalikan saja uangnya, paling rugi cuma berapa sich…? Toh pembeli bukan satu dua orang saja?
Tetapi, sejauh pengalaman saya kasus yang kayak ginian tidak sampai 10 % dari total transaksi penjualan. Jadi rugi pun paling 10 % an, masih untung 90 % koq…
So keep smile…
Cemunguuuuutt.....

0 comments for this post